Karena terjadi merjer antara Prince Motor Company dan Fuji Precision Industries, pada tahun 1964 lahir Nissan S54 yang merupakan cikal bakal dari keluarga GTR. S54 bermesin inline 6 2000 cc yang mampu berkompetisi pada ajang GT II dengan mampu mengimbangi Porsche 904. Selanjutnjya tipe ini berkembang hingga tipe S57.
Tahun 1968 Nissan merilis tipe terbaru dari Skyline, yaitu Skyline 2000 GT-X. 1969 merupakan debut awal GT-R dengan lahirnya PGC-10 dengan mesin DOHC 2.0 liter. GT-R generasi pertama ini juga biasa diberi kode R380 yang hingga 1971 mempunyai record 33 kemenangan pada berbagai gelaran racing internasional. Di pasar domestic Jepang, Skyline awal ini secara meyakinkan mampu membungkam Toyota 1600 GT5, Isuzu Bellet GTR, Mazda Familia R100 dan Mazda RX2 bahkan Porsce sekalipun. Selanjutnya hingga 1977, Nissan terus mengemangkan sayap Skyline dengan kode C110, dengan model coupe dengan tanpa pilar pintu layaknya American Style, bermesin 2.0 dan 2.4 liter 160 hp. Dan akhirnya pada tahun 1981, Nissan merilis mesin Skyline dengan turbo pertama degan kode mesin L20ET.
Berbasis Nissan Laurel, lahir Skyline R30 yang merupakan cikal bakal Skyline modern yang kita kenal sekarang.R30 mempunyai 30 varian berbeda yang diekspor utuh atau di-CKD di Negara tujuan. Mesinnya masih disusupi turbo hanya saja berkonfigurasi lebih tinggi, yaitu 6 silinder. Tipe ini diproduksi dengan versi Paul Newman version (artist Holywood-RED) yang bermesin FJ20E DOHC, 150 hp yang masih sangat dicari oleh para kolektor hingga kini. Pada 1986 lahir generasi R31 dengan berbagai penyempurnaan dari body shape, handling hingga mesin. Ini adalah generasi awal Skyline bermesin RB series yang melegenda itu. R30 dibekali mesin RB30E dan mesin RB20DET pada generasi terakhir R30 yang mempu menyemburkan tenaga hingga 210 hp.
Selanjutnya R32 lahir pada 1989 dengan komposisi 2 dan 4 pintu. Ini adalah Skyline pertama yang menggunakan mesin DETT (Twin Turbo-RED). Karena tenaga yang cukup besar pada, maka beberapa penyempurnaan juga dilakukan teruta apada handling, suspension dan breaking system. R32 dibekali rem dengan 4 piston calipers pada bagian dengan dan 2 piston untuk belakangnya. R32 juga diproduksi dengan aura real sport car, GTR. Dibekali dengan mesin legendaries RB26DETT yang mampu bertenaga hingga 280 hp (juga tersedia versi racikan Nismo), ini dibekali dengan teknologi Ceramic Turbo yang terkenal ringan dan efisien.
Tipe ini secara membanggakan mampu menjuarai berbagai gelaran akbar balap seperti JTCC, N1 Super Taikyu, Australian Bathusrt 1000, Grup A Touring Car, Super Touring dan GT500 yang artinya R32 mendapat perlawanan yang tidak main-main yaitu dari Porsche 959, Holden V8 dan Ford V8. Lantaran prestasinya itu, tahun 1993 R32 GTR di produksi dalam “Victory Spec” yaitu dibekali dengan BBS “mesh” R17, Brembo Breaking system dan juga ceramic turbo.
Melanjutkan dominasi R32, padan akhir 1993 R33 diluncurkan sebagai jawaban di dunia sport car bahwa “Nissan Mampu”. R33 merupakan salah satu generasi Skyline yang dicari orang untuk dikoleksi. R33 sudah dipenuhi oleh berabgai teknologi pendukung seperti Active LSD, NVCS dan system AWD. Mesinnya sendiri meracik generasi terkhir dari RB25DET DOHC, 250 hp. Pada tahun 1996, R33 juga disempurnakan pada versi GTR dengan penyempurnaan pada torsi, tenaga, aerodinamis dan handling. Mesin disempurnakan menjadi RB26DETT DOHC, 305 hp untuk versi GTR Autech dan 400 Hp untuk versi Nismo (RBX-GT2)

Berbasis chasis R32, Skyline R34 dilahirkan pada 1998. R34 GT dibekali mesin RB20DE Neo yang diciptkan untuk menyeimbangkan gangguan Toyota Supra di pasaran Jepang. Versi GTR Nismo R Tune mampu menyemburkan tenaga hingga 475 hp dan versi Nismo Z Tune hingga 500 Hp dengan mesin RB26DETT Z2 Twin Turbo inline 6. R34 merupakan generasi terakhir Skyline dengan mesin inline 6.
Pada 2001, Nissan kembali memperkenalkan generasi baru dari kerajaan Skyline dengan mesin V6. Ini merupakan generasi ke-11 dengan kode V35. Tipe ini juga dirancang untuk tipe GT dengan mesin VQ35DE V6 dengan power maximum hingga angka 280 hp. Tipe ini dilanjutkan dengan tipe V36. Puncak dari kedigdayaan Skyline adalah paa versi terakhir yaitu R35 yang didaulat sebagai mobil tercepat didunia dengan mesin VR38DETT V6 Twin Turbo yang mampu mencapai 100 km/jam hanya dalam 3,1 detik.


0 komentar:
Posting Komentar